laporan dasar-dasar budidaya tanaman PEMBAHASAN


BAB V
PEMBAHASAN

  1. PERBANYAKAN TANAMAN SECARA VEGETATIF
  1. Stek
Berdasarkan pengamatan dan teori yang ada dapat dilihat bahwa perbanyakan tanaman vegetatif menggunakan stek lebih praktis dan gampang dari pada perbanyakan tanaman vegetatif yang lainnya dan tidak perlu keterampilan yang khusus untuk melakukannya disamping itu tinggi tanaman dan jumlah daun tidak kalah banyak dengan cara vegetatif yang lainnya.
  1. Cangkok.
Dari hasil praktikum dapat diketahui bahwa perbanyakan tanaman vegetatif yang menggunakan cangkok dengan media pakis lebih cepat tumbuh daripada yang menggunakan media mos, hal tersebut dikarenakan pakis lebih baik dalam menyimpan air untuk persediaan tanaman.
  1. Grafting.
Menyambung atau Grafting merupakan metode perbanyakan vegetatif buatan. Grafting/ penyambungan adalah seni menyambungkan 2 jaringan tanaman hidup sedemikian rupa sehingga keduanya bergabung dan tumbuh serta berkembang sebagai satu tanaman gabungan.
Dari hasil praktikum, penyambungan tanaman adenium tidak berhasil. Dikarenakan batang atas (entris) dan batang bawah (understump) tidak sesuai. Batang bawah terlalu besar sehingga tidak cocok dengan batang atas. Ketidak berhasilan penyambungan tanaman adenium juga dikarenakan pada saat pemotongan batang bawah yang berbentuk V terlalu dangkal (kurang dalam) sehingga pada saat penyambungan batang atas tidak duduk dengan baik terhadap batang bawah.
  1. PERSEMAIAN
Persemaian (Nursery) adalah tempat atau areal untuk kegiatan memproses benih (atau bahan lain dari tanaman) menjadi bibit/ semai yang siap ditanam di lapangan.
Dari data pengamatan persemaian tinggi tanaman cabai dan jumlah daun pada tanaman cabai yang menggunakan media tanah + kompos memiliki nilai yg lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman cabai yang menggunakan media tanah saja. Hal tersebut dipengaruhi oleh kadar bahan organik yang terkandung pada kompos dan tanah. Media kompos memiliki bahan organik lebih tinggi dibandingkan media tanah, sehingga tanaman yang menggunakan media kompos lebih baik pertumbuhannya dikarenakan unsur hara yang terkandung lebih tinggi dibandingkan media tanah.
  1. JARAK TANAM
Jarak tanam adalah jarak antar tanaman yang dilakukan pada saat melakukan penanaman. Dari hasil praktikum diperoleh bahwa kangkung yang ditanam dibedengan 10 x 10 mempunyai jumlah daun dan berat yang lebih besar dari pada yang ditanam di bedengan dengan ukuran 15x15, hal tersebut terjadi karena tanah bedengan tersebut pasir sehingga susah mengikat air dan bedengan yang 15 x 15 tanaman menerima cahaya matahari lebih banyak dari pada yang 10 x 10 yang mengakibatkan penguapan airnya lebih besar sehingga persediaan airnya lebih sedikit.
  1. TRANSPLANTING
Berdasarkan pengamatan pemindahan tanaman yang menggunakan polibag diperoleh data bahwa tinggi tanaman dan jumlah daun lebih banyak dari pada tanaman yang tidak menggunakan polibag, hal tersebut dikarenakan tanaman yang menggunakan polibag kerusakan akarnya lebih sedikit saat pemindahan, jadi pertumbuhanya cepat. Sedangkan tanaman yang dicabut mempunyai tinggi dan jumlah daun yang lebih sedikit itu dikarenakan tanaman yang di cabut tingkat kerusakan akarnya lebih besar tanaman yang menggunakan polibag.
  1. PENGUKURAN INTENS ITAS CAHAYA
Berdasarkan pengamatan dapat diketahui bahwa intensitas cahaya pada tanaman jagung lebih tinggi daripada tanaman kacang dan kangkung hal itu karena tanaman jagung membutuhkan intensitas cahaya yang lebih besar dari pada tanaman kacang dan kangkung, sedangkan tanaman kacang intensitasnya sedang itu karena kacang tidak membutuhkan intensitas cahaya yang lebih besar dari pada jagung, dan tanaman kangkung intensitasnya rendah hal tersebut karena tanaman kangkung tidak membutuhkan cahaya yang besar.
  1. APLIKASI PEMUPUKAN
Pemupukan merupakan bagian penting dalam pengolahan tanaman, pemupukan dilakukan sesuai dengan jenis tananman begitu juga dosisnya. Pemupukan harus dilakukan dengan prosedur yang baik agar menghasilkan tanaman yang baik dan tidak terjadi overdosis. Setelah melakukan perlakuan teori dan pengamatan dapat diketahui bahwa tanaman yang diberi pupuk yang sesuai dan dosisnya pas tanaman akan tumbuh lebih cepat dan subur.
G. PENGUKURAN LUAS DAUN
Berdasarkan hasil perhitungan dapat dilihat bahwa luas daun ketela mempunyai luas yang yang lebih luas dari pada luas daun jambu mede dan kelengkeng, hal tersebut karena daun ketela mempunyai bentuk daun yang menjari sehingga mempunyai luas yang lebih luas.


0 komentar:

Poskan Komentar

anime © 2008 Template by:
SkinCorner