laporan dasar-dasar budidaya tanaman KESIMPULAN

BAB VI
KESIMPULAN

  1. PERBANYAKAN TANAMAN SECARA VEGETATIF
  1. Stek
Dari hasil praktikum dapat disimpulkan bahwa perbanyakan tanaman vegetatif yang menggunakan stek jauh lebih mudah, pertumbuhannya lebih cepat, dan tidak membutuhkan keahlian khusus.
  1. Cangkok
Dari hasil praktikum dapat disimpulkan bahwa perbanyakan tanaman vegetatif yang menggunakan cangkok dengan media pakis lebih cepat tumbuh daripada yang menggunakan media mos.
  1. Grafting
Dari hasil praktikum dapat disimpulkan bahwa perbanyakan tanaman vegetatif menggunakan grafting lebih susah daripada cara yang lain karena grafting memerlukan keahlian dan ketelitian dalam melakukannya,
  1. PERSEMAIAN
Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa tanaman yang menggunakan media tanah + kompos lebih cepat tumbuh di karenakan tanah + kompos mengandung hara yang lebih dibanding tanah yang tidak di campur kompos.
  1. JARAK TANAM
Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa tanaman yang di tanam pada bedengan 10x10 mempunyai jumlah daun dan berat yang lebih daripada pada bedengan 15x15, karena tanaman yang berada pada bedengan 15x15 menerima cahaya yang berlebih.
  1. TRANSPLANTING
Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa tanaman tanaman yang menggunakan polibag mempunyai tinggi dan jumlah daun yang lebih banyak daripada tanaman yang di cabut langsung dari tanah itu karena tanaman di polibag kerusakan akarnya lebih sedikit.



  1. PENGUKURAN INTENSITAS CAHAYA
Berdasarkan pengamatan dapat di simpulkan bahwa intensitas cahaya pada tanaman jagung lebih tinggi daripada tanaman kacang dan kangkung hal itu karena tanaman jagung membutuhkan intensitas cahaya yang lebih besar dari pada tanaman kacang dan kangkung, sedangkan tanaman kacang intensitasnya sedang itu karena kacang tidak membutuhkan intensitas cahaya yang lebih besar dari pada jagung, dan tanaman kangkung intensitasnya rendah hal tersebut karena tanaman kangkung tidak membutuhkan cahaya yang besar.
  1. APLIKASI PEMUPUKAN
Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa tanaman tanaman yang menggunakan pupuk dan dosis yang pas akan tumbuh lebih subur, jadi dalam pemupukan perlu diperhatikan jenis pupuk yang digunakan dan dosisnya.
  1. PENGUKURAN LUAS DAUN
Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa luas daun ketela mempunyai luas daun yang lebih luas dari pada yang lainnya itu karena daun ketela mempunyai bentuk daun yang menjari.

0 komentar:

Poskan Komentar

anime © 2008 Template by:
SkinCorner