biografi seorang Masashi Kishimoto




Masashi Kishimoto
 Masashi Kishimoto
Who is he? mengapa saya profilkan dia? itu pertanyaan yang tidak ada jawaban, he..he.. Masashi Kishimoto adalah Manga Artist di Jepang, dialah pencipta Naruto Manga. Jujur saja saya adalah penggemar Naruto, he..he.. jadi saya profilkan pembuatnya.

Masashi Kishimoto (岸本 斉史Kishimoto Masashi) lahir pada tanggal 8 November 1974 di  Nagi, Okayama, Japan. Dia lahir tidak sendirian, alias mempunyai saudara kembar yakniSeishi Kishimoto (岸本 聖史Kishimoto Seishi). Disini saya hanya akan membicarakan Masashi saja, untuk Seishi mungkin lain hari, he..he..

Masashi memang dari kecil sudah mempunyai hobi dan bakat dalam menggambar sejak usia SD, namun ia pernah melupakan hobinya itu. Dia teringat kembali saat ia melihat poster Akira yang ada di dinding kamarnya.  Mulai saat itulah, Masashi mulai serius dan ingin menjadi mangaka, hasilnya sempat ditolak oleh penerbit, tapi dia terus berkarya dan tak putus asa.

Komik manga pertama yang diciptakan Masashi bukanlah Naruto, melainkan Karakuri (カラクリ). Kemudian karyanya tersebut pada tahun 1995 dikirimkan ke Shueshia. Hal ini membuat dirinya mendapatkan "Hop Step Award" pada tahun 1996, gelar ini dinerikan karena Masashi dinilai seorang seniman manga yang menjanjikan. Kemudian di tahun 1997 diterbitkanlah percobaan Naruto (ナルト) di Akamaru Jump Summer. Selanjutnya pada tahun 1998, Karakuri (カラクリ) ditayangkan secara mingguan di Shonen Weekly Jump, namun ternyata tidak mendapat respon yang baik sehingga dibatalkan. Tahun berikutnya 1999, diterbitkanlah Naruto (ナルト) masih di Shonen Weekly Jump, tak disangka Naruto cepat menjadi hit. Telah terjual lebih dari 100 juta kopi di Jepang, dan 4 juta eksemplar trjual di Amerika Serikat diikuti 93 juta kopi di luar Amerika dan Jepang.

Sukses dari tahun ke tahun, dan pada tahun 2009, Masashi mendesain kostum tambahan untuk karakter video game Tekken 6, Lars Alexandersson. Dan karakter ini muncul juga pada Naruto Shipuden: The Ultimate Ninja Storm 2 (2010). Pada tahun 2010, Masashi juga menghasilkan manga Bisbol (sesuai hobinya: bisbol) berjudul Bench (ベンチ Benchi).

Ketika awal pembuatan Naruto, Masashi sering melihat ke manga shōnen lain untuk mencoba membuat karakter seunik mungkin. Masashi mengutip karyaAkira Toriyama Dragon-Ball (ドラゴンボール  Doragon Bōru), dalam Dragon-Ball terdapat Son-Goku, nah si Masashi membuat karakter Naruto dari Son-Goku ini. Hampir sama kan? begitu ceritanya. Untuk melengkapi karakter Naruto, Masashi menciptakan karakter yang berlawanan yakni jenius dan keren, yaitu Uchiha Sasuke. Kemudian, agar terdapat energi lain, Masashi menambahkan Sakura Haruno, seperti inilah dasar dari semuanya. Karena tiga tokoh tersebut menjadi pola untuk yang lainnya.

Ternyata, tokoh Sasuke adalah tokoh yang sulit digambar oleh Masashi, namun Sasuke menjadi favoritnya dalam menggambar. Saya kasih tahu suatu rahasia, ketika menggambar sebuah karakter ada 5 langkah yang harus konsisten dilakukan, yaitu: konsep dan sketsa kasar, penyusunan, tinta, shading, dan mewarnai. Ingin lihat saat Masashi menggambar Sasuke? nih saya kasih:
Keren kan? iya dong,, saya juga ingin bisa menggambar,,. Setelah tiga tokoh utama jadi, tinggal setting tempatnya, Masashi menciptakan Desa Konohagakure, ternyata desain dari Desa Konohagakure mengambil dari tempat tinggal Masashi, Perfecture, Okayama, Jepang. Untuk referensi, Masashi sering berkujung ke taman-taman Jepang dan mengunjungi pertunjukkan Kabuki. Dan yang terpenting dalam cerita Naruto adalah Nauto tidak akan pernah memiliki senjata api. hahaha.. lucu..

Simak terus karya-karyanya, semoga mneambah ilmu kita,

0 komentar:

Poskan Komentar

anime © 2008 Template by:
SkinCorner