Albert Einstein




Albert Einstein
Albert Einstein
  • Sejarah Singkat
Akhirnya, saya dapat memposting beliau ini, hehe,, sekian lama saya impikan. Beliau merupakan fisikawan filsuf, teoritis dan penulis luas yang dianggap sebagai salah satu ikon ilmuwan paling berpengaruh sepanjang masa. Langsung saja, nama Albert Einstein diucapkan dalam bahasa Inggris menjadi aɪnstaɪn ælbərt sedangkan dalam bahasa Jerman menjadi albɐt aɪnʃtaɪn. Kok jadi ribet urusan nama??? hehe,, lanjut,,,

Beliau lahir di Ulm, di Kerajaan Württemberg saat Kekaisaran Jerman, lahir pada tanggal 14 Maret 1879. Beliau lahir dari pasangan Hermann EinsteinPaulie Einstein, ayahnya adalah seorang Salesman dan Insinyur. Pada tahun 1880, keluarganya pindah ke Munich, dimana ayahnya dan pamannya mendirikan Elektrotechnische Fabrik J. Einstein & Cie, perusahaan ini memproduksi peralatan listrik berdasarkan arus searah (DC).

Para Einstein adalah orang Yahudi non-Jeli, mereka bersekolah di sekolah dasar katolik sejak usia 5-8 tahun, dan beliau Albert Einstein merupakan siswa top di sekolah dasar. Pada tahun 1889, Max Talmud (Max Talmey) memperkenalkan Einstein tentang sains, matematika, dan filsafat termasukImmanuel Kant Critique of Pure Reason dan Euclid's Elements. Bayangkan, Einstein yang baru berumur 10 tahun sudah diperkenalkan dengan filsafat-filsafat yang mungkin saat kita berumur 10 tahun masih asik dengan lagu"Suwe Ora Jamu", ahihihi. Tahukah anda??? Max Talamey adalah seorang mahasiswa miskin dari Polandia. Di Indonesia apa ada mahasiswa miskin...?? yang ada miskin mahasiswa kaya Bang Einstein... maaf pak guru..

Tahun 1894, perusahaan ayah Einstein mengalami kegagalan kalah dengan Alternatting Current (AC). Kemudian keluarga Einstein pindah ke Italia untuk mencari bisnis yang lain, yang pertama adalah Milan, lalu bebrapa bulan kemudian pindah ke Pavia. Saat pindah ke Pavia, Einstein tinggal di Munich dan menyelesaikan studinya di Gymnasium Luitpold. Tahun berikutnya, Bang Einstein dikirim ke Aarau , Swiss Utara untuk menyelesaikan sekolah menengahnya. Kemudian dia menginap di rumah keluarga Jost Winteler, tak disangka katanya Bang Einstein jatuh cinta pada putri keluarga tersebut, Marie. Di Aarau, Bang Einstein belajar tentang teori elektromagnetik Maxwell. Pada usia 17 tahun, dia lulus dan dengan persetujuan ayahnya, Bang Einstein meninggalkan kewarganegaraannya di Kerajaan JermanWürttemberg, hanya untuk menghindari wajib militer.

Kemudian pada tahun 1896, Bang Einstein menjadi pengajar program diploma di Politeknik di Zurich, tentu saja bidang matematika dan fisika. Selain itu, Marie Winteler pindah ke Olsberg, Swiss untuk posting mengajar. Tapi tenyata bukan Marie yang menjadi calon istri Bang Einstein, dalam mengajar di Politeknik di Zurich, Bang Einstein bertemu dengan Mileva Maric yang merupakan pengajar di Politeknik yang sama dan merupakan satu-satunya perempuan yang terdaftar menjadi pengajar. Kemudian Bang Einstein dianugrahi gelar PhD oleh University of Zurich.
  • Pernikahan dan Anak
Asmara Bang Einstein bersama Maric dilanjutkan dengan pernikahan pada Januari tahun 1903, lalu pada Mei 1904, anak pertama mereka lahir bernamaHans Albert Einstein lahir di Bern, Swiss. Anak kedua lahir, bernamaEduard lahir di Zurich pada Juli tahun 1910. Namun, pasangan Bang Einstein dan Maric tak bertahan lama, mereka berdua bercerai pada 14 Februari 1919. Tak berhenti di situ Bang Einstein mencari pendamping hidup, pada tanggal 2 Juni 1919 Bang Einstein menikah dengan Elsa Lowenthal. Kemudian pada tahun 1933, Bang Einstein dan istri barunya bermigrasi secara permanen ke Amerika. Tapi Bang Einstein harus sendirian lagi, karena pada Desember 1936 Elsa Lowenthal meninggal dunia karena penyakit.
  • Akademik Karir
Sedikit balik ke tahun yang lalu,, padatahun 1901, Bang Einstein membuat makalah tentang kekuatan kapiler jerami yang siterbitkan di Annalen der Physik. Pada tanggal 30 April 1905, Bang Einstein menyelesaikan tesis dengan Alfred Kleiner, seorang profesor fisika eksperimental. Pada tahun yang sama, Bang Einstein menerbitkan empat makalah terobosan, pada efek foto listrik, gerak Brown, relativitas khusus, dan kesetaraan materi dan energi.

Pada tahun 1916, Bang Einstein diangkat sebagai presiden Jerman Physical Society (1916-1918). Tahun 1911, Bang Einstein menghitung bahwa cahaya dari bintang lain akan dibengkokkan oleh gravitasi matahari. Prediksi ini dikonfirmasi oleh pengamatan yang dilakukan oleh sebuah ekspedisi Inggris yang dipimpin oleh Sir Arthur Eddington selam gerhana matahari pada 29 Mei 1919. Laporan ini membuat Bang Einstein terkenal, pada tanggal 7 November 1919, koran terkemuka Inggris, The Times menulis di judul depan"Revolution in Science – New Theory of the Universe – Newtonian Ideas Overthrown".
  • Wafat
Pada tanggal 17 April 1955, Bang Einstein mengalami pendarahan internal yang disebabkan oleh pecahnya suatu aneurisma aorta perut. Sebelumnya, pada tahun 1948, Bang Einstein telah dibedah oleh Dr Rudolph Nissa dalam masalah yang sama. Sebelum meninggal, Beng Einstein akan berpidato saat ulang tahun ketujuh Israel, namun kemudian beliau dibawa ke rumah sakit. Saat akan dioperasi, beliau menolak dan berkata: "Aku ingin pergi ketika aku ingin ini berasa untuk memperpanjang hidup artifisial. Saya telah melakukan bagian saya, sekarang saatnya untuk pergi, aku akan melakukannya dengan elegan". Beliau meninggal di Rumah Sakit Princeton pada usia 76 tahun. Yang membuat saya merasa ga enak adalah saat otak beliau diawetkan, agar manusia tahu apa yang membuat beliau cerdas.. dasar.. ga mau usaha..

Selamat jalan....E = mc2

  • Penghargaan dan Tanda Kehormatan
Pada tahu 1921, Bang Einstein dianugrahi Penghargaan Nobel dalam Fisika, khususnya untuk penemuan hukum efek fotolistrik. Tak hanya itu, beliau juga menerima Medali Copley dari Royal Society pada tahun 1925. Dan pada tahun 1929, Bang Einstein menerima Max Planck Medal. Ada pula Albert Einstein Science Park yang terletak di Telegrafenberg di Potsdam, Jerman. Di sana terdapat bangunan yang terkenal yaitu Einstein Tower yang memiliki patung perunggu Einstein di pintu masuk taman.

Untuk mengenang beliau, dibuatlah patung memorial di Washington D.C. patung in terbuat dari perunggu yang menggambarkan Bang Einstein ini sedang duduk dengan naskah di tangan. Dan unsur kimia 99, diberi namaeinstenium pada Agustus 1955, empat bulan setelah beliau meninggal dunia. Selanjutnya, pada tahun 1999, Bang Einstein diberi gelar Person of the Century oleh majalah TIME. Ini sesuai jejak pendapat Gallup yang menempatkan beliau sebagai orang keempat yang paling dikagumi abad ke-20 di Amerika Serikat.


Persamaan abad ke-20 yang terkenal adalah E = mc2 persamaan ini diciptakan beliau dalam makalahnya yang berjudul Relativitas Khusus. Ilmu ini, menjadi cikal bakal tentang pembuatan Nuklir, dahsyat bukan??


0 komentar:

Poskan Komentar

anime © 2008 Template by:
SkinCorner