BAB V KERAPATAN MASSA TANAH

BAB V
KERAPATAN MASSA TANAH
A.  Tujuan Praktikum
Untuk menentukan kerapatan massa tanah regosol.
B.  Tinjauan Pustaka
Kerapatan massa jenis tanah atau BV adalah massa atau berat suatu volume tanah yang mencakup benda-benda padat dan pori-pori kandungan batuan yang ada dalam tanah memengaruhi kerapatan masa tanah. Semakin tinggi kandungan bahan organik tanah maka semakin rendah kerapatan masa tanah. Pengukuran berat volume diperlukan sebagai petunjuk untuk mengetahui kepadatan tanah porositas tanah. Nilai berat volume dipengaruhi oleh tekstur tanah (semakin halus tekstur tanah, nilai BV semakin besar), kedalaman tanah, kadar bahan organik, berat jenis, mineral penyusun tanah dan tipe strukturnya.
C.  Prinsip Kerja
a.       Bahan dan alat :
1.      Contoh tanah gumpal kering udara
2.      Cawan pemanas lilin
3.      Lampu spirtus
4.      Penumpu kaki tiga
5.      Gelas ukur
6.      Pipet ukur 10ml
7.      Termometer
b.      Cara kerja
1.     Mengambil sebongkah tanah sedemikan rupa sehingga dapat masuk kedalam gelas ukur dengan longgar. Membersihkan permukaannya dari butir-butir tanah yang menempel secara hati-hati dengan kuas. Ikat dengan benang sehingga dapat digantung. Timbang bongkah tanah ini (misal = a gram)
2.      Mencairkan lilin dalam cawan pemanas, ukur suhunya dengan termometer. Mencelupkan bongkah tanah pada lilin yang mencair dengan suhu tepat 60° C (lilin dapat meresap masuk kedalam pori-pori tanah jika suhunya lebih tinggi). Pastikan lilin benar-benar menutupi permukaan bongkah. Setelah dingin timbanglah bongkah tanah berlilin tersebut (misal = b gram)
3.      Mengisi gelas ukur dengan air sampai volume tertentu (misal p ml) dan menenggelamkan bongkah tanah berlilin kegelas ukur (volume air akan naik). Catat volume air dalam gelas ukur setelah dimasukki bongkah tanah berlilin (misal q ml)
D.  Perhitungan
1. Kerapatan massa tanah (BV)
a. Berat bongkah tanah                                      =  2,763 g
b. Berat bongkah tanah berlilin                         =  3,642 g
c. Volume dalam gelas ukur                              = 50 ml
d. Setelah dimasuki bongkah tanah berlilin       = 53 ml

E.  Pembahasan
Dari hasil penenelitian diperoleh hasil kerapatan massa jenis tanah (BV) dari Regosol sebesar 1,35 g/cm3, berat volum tanah adalah perbandingan antara berat bongkah tanah dan dinyatakan dalam satuan g/cm3. BV menyatakan padatan kering atau volume total, volume total terdiri dari udara, air kapiler, dan massa padatan itu sendiri. Jika terdapat bahan organik di dalamnya, maka BV nya semakin rendah, karena massa tanah semakin kecil jika dibagi volumenya. Menurut teori, semakin halus partikel tanahnya, maka akan semakin besar nilai BV nya. Kerapatan massa jenis tanah mempengaruhi porositas.
F.   Kesimpulan
Berat volume tanah adalah perbandingan antara berat bongkah tanah dan volume bongkah tanah dinyatakan dalam g/cm3, dari hasil pengamatan diperoleh kerapatan massa tanah (BV) = 1,35 g/cm3.
G.  Daftar Pustaka
Anonim. 2009. Mengenal Jenis Tanah di Dunia. www.google.com. Diakses tanggal 30 April 2012, pukul 19.00 WIB.

Darmawijaya, Isa M. 1990. Klasifikasi Tanah. Gadjah Mada University. Yogyakarta.

Foth, H.D. 1988. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Gadjah Mada University Press.      Yogyakarta.
atau bisa download fersi doc di link dibawah ini:







0 komentar:

Poskan Komentar

anime © 2008 Template by:
SkinCorner